Meskipun Pandemi Animo Masyarakat Untuk Menimba Ilmu di STIKes Muhammadiyah Ciamis Tetap Tinggi

oleh Administrator


Diposting pada Jumat, 05 Maret 2021


CIAMIS, JAPOS.CO – Kehadiran STIKes Muhammadiyah  Ciamis merupakan satu asset pendidikan yang dimiliki masyarakat Kabupaten Ciamis, sudah semestinya dari jajaran pemerintah menyampaikan banyak terima kasih atas perhatian dedikasi Muhammadiyah khususnya, dalam meningkatkan mutu dan sumberdaya manusia di bidang pendidikan.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya beberapa waktu lalu saat memberikan sambutan dalam acara Wisuda STIKes Muhammadiyah  Ciamis Tahun Akademik 2019-2020 di ruang Auditorium KH Ahmad Dahlan STIKes Muhammadiyah  Ciamis.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi Kabupaten Ciamis yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua, yang didalamnya meningkatnya kualitas sumber daya manusia. Saya mengajak seluruh Cipitas Akademik untuk mengambil peran dan kontribusi dalam menghadapi berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa menimbulkan dampak positif maupun negatif. Apabila hal tersebut dapat diwujudkan, maka kedepan akan terlahirlah generasi-generasi yang bukan saja berpikir untuk kebutuhan pisik akan tetapi juga sensitif terhadap pembentukan watak sekaligus keinginan yang kuat. Di pundak Sarjanalah masyarakat menaruh sebuah harapan untuk memberikan sumbangsih pemikiran kajian-kajian ilmiah guna membantu memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi setiap saat, “ kata Bupati.

Bupati berharap para wisudawan-wisudawati dari STIKes Muhammadiyah  Ciamis dapat memahami peran dan fungsi serta tanggung jawab sebagai tenaga profesional di bidang kesehatan. “Disamping profesional anda juga bertanggung jawab untuk Amar Ma’ruf Nahi Munkar, itulah yang membedakan STIKes Muhammadiyah  Ciamis dengan yang lainnya, “ tegas Bupati Ciamis.

Pada amanatnya, Bupati Ciamis berpesan kepada jajaran pengurus STIKes Muhammadiyah  Ciamis untuk secepatnya lebih meningkatkan lembaga pendidikannya dari STIKes Muhammadiyah  Ciamis menjadi universitas yang bisa mengangkat citra Kabupaten Ciamis dalam bidang kesehatan.

Amanat dari Bupati Ciamis tersebut, menjadi cambuk bagi jajaran pengelola STIKes Muhammadiyah  Ciamis. Ditemui di ruangannya, Kamis (4/3) Ketua STIKes Muhammadiyah  Ciamis, H. Dedi Supriadi, S.Sos, S.Kep.Ners,MM.Kes didampingi Kabag BAKK STIKes Muhammadiyah  Ciamis, Aap Apipudin, S.KP.MM mengungkapkan bahwa dengan amanat dari Bupati Ciamis tersebut menjadi pemacu pihaknya untuk betul-betul menjawab tantangan tersebut. “Alhamdulillah berkaca dari lulusan Tahun Akademik 2019-2020 STIKes Muhammadiyah  Ciamis meluluskan 70 mahasiswa dari D3 Analisis Kesehatan, 89 mahasiswa dari D3 Farmasi, 56 mahasiswa dari D3 Kebidanan, 102 mahasiswa dari D3 Keperawatan, 76 mahasiswa dari D3 Profesi Ners dan 117 mahasiswa dari S1 Keperawatan. Alhamdulillah lulusan-lulusan tersebut hampir 80 persen sudah diterima di berbagai rumah sakit, puskesmas dan klinik-klinik kesehatan, “ ungkap H. Dedi.

Untuk penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021-2022, kata H. Dedi, untuk jalur Penerimaan Minat Dan Kemampuan (PMDK) yang pelaksanaannya untuk gelombang I dari mulai 1 Januari sampai 28 Januari 2021 dan gelombang II, 1 Februari sampai 25 Februari 2021 tercatat sebanyak 121 calon mahasiswa dari 5 prodi sudah melakukan daftar ulang. Sementara untuk jalur umum (test tulis) yang pembukaannya dimulai 1 Maret sampai dengan 22 April 2021 tercatat sudah ada 23 calon mahasiswa yang mendaftar. “Setiap harinya yang mendaftar ke kampus STIKes Muhammadiyah  Ciamis rata-rata 2 sampai 3 calon mahasiswa. Jadi kalau melihat realita dari para pendaftar, kita optimis untuk target penerimaan calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2021-2022 sebanyak 500 sampai 600 calon mahasiswa akan tercapai, “ kata H. Dedi.

Kalau tidak tercapai di gelombang I melalui jalur umum, ujar H. Dedi, masih ada waktu di gelombang II yang pelaksanaanya dimulai dari 25 April sampai dengan 10 Juli 2021. “Jadi masih panjang waktunya. Untuk gelombang II, pihak kami akan menerapkan One Day Service, dalam artian ketika calon mahasiswa melakukan pendaftaran maka langsung dilaksanakan test tulis dan test kesehatan dan pada waktu itu juga keluar hasilnya sekaligus penentuan diterima tidaknya menjadi mahasiswa STIKes Muhammadiyah  Ciamis. Program One Day Service tersebut dalam rangka memutus mata rantai virus Covid-19, “ ujarnya.

Animo Pendaftar Dari Luar Daerah Cukup Tinggi

Sementara itu dari pantauan tim Jaya Pos di kampus STIKes Muhammadiyah  Ciamis yang terletak di KH Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis, tampak keluar masuk calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu di kampus STIKes Muhammadiyah  Ciamis. Berdasarkan informasi dari Ketua Akademik dan Kemahasiswaan STIKes Muhammadiyah  Ciamis, Aap Apipudin, S.KP.MM, bahwa calon mahasiswa tersebut berdatangan dari luar daerah Kabupaten Ciamis seperti Jawa Tengah, Majenang dan Brebes, Cianjur, Banten bahkan ada yang dari luar jawa seperti dari Sulawesi dan NTT. “Ada juga yang non muslim mendaftar ke kampus kami dan itu tidak menjadi permasalahan, karena ini bukan yang pertama kali setiap tahunnya yang non muslim betul-betul ingin menimba ilmu di STIKes Muhammadiyah  Ciamis seperti halnya lulusan mahasiswa TA 2019-2020 kemarin yang berasal dari Papua, “ ungkap Aap.

Prodi-prodi yang ditawarkan di kampus STIKes Muhammadiyah  Ciamis, kata Aap diantaranya Prodi S1 Keperawatan + Ners, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Farmasi dan D3 Analis Kesehatan yang semuanya terakreditasi dari BAN PT dan LAM-PT.Kes dengan peringkat B. “Dengan akreditasi yang berhasil di raih tersebut tentu saja menjadi jaminan bahwa lulusan-lulusan dari STIKes Muhammadiyah  Ciamis punya tempat di berbagai instansi-instansi pemerintah dan lembaga-lembaga swasta dalam memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan, “ katanya.

Aap berpesan kepada calon mahasiswa dari Kabupaten Ciamis dan sekitarnya yang ingin menimba ilmu di STIKes Muhammadiyah  Ciamis  untuk secepatnya mendaftarkan ke kampus STIKes Muhammadiyah  Ciamis atau melalui pendaftaran online di pmb.stikesmucis.ac.id atau contact person di 082216163200. “Dilihat dari antusias pendaftar calon mahasiswa saat ini kebanyakan dari luar Kabupaten Ciamis. Saya menghimbau kepada calon mahasiswa yang dari Kabupaten Ciamis yang ingin menimba ilmu di STIKes Muhammadiyah  Ciamis sebelum kehabisan kuota untuk secepatnya mendaftar, “ tandasnya. (Mamay)


Sumber berita : JAPOS.CO


Kategori Kampus


Mucis

Kontak

(0265) 773052
(0265) 773052
stikemucis.ac.id
mucis06@yahoo.com

Alamat

Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis 46211


Lihat di Google Maps

Program Studi

  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Farmasi
  • D3 Analis Kesehatan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners