Prodi D3 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis, Mengikiti Workshop Sistem Informasi Laboratorium Keperawatan di Jakarta

oleh D3 Keperawatan


Diposting pada Senin, 19 September 2022


Whats-App-Image-2022-09-23-at-1d8-30-19


Sebanyak 114 orang Dosen dan Pengelola Laboratorium keperawatan dari berbagai Institusi Pendidikan Kesehatan Baik Negri/Swasta di Indonesia mengikuti Workshop Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Tinggi Vokasi Keperawatan. Satu dari 114 peserta tersebut salah satunya adalah yang ditugaskan dari STIKes Muhammadiyah Ciamis yaitu Ns. Andan Firmansyah S.Kep., M.Kep., Selaku Dosen D3 Keperawatan.

Pelatihan ini digelar AIPVIKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia), selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 17-18 September 2022.

Workshop Pengelolaan Labolatorium Pendidikan tinggi Vokasi Keperawatan ini berlangsung di ROLAY PALM Hotel & Conference Center, Cengkareng, Jakarta Barat.

Ketua pelaksana Worshop sekaligus ketua bidang diklat AIPVIKI, Bapak Heru Supriyatno, MN., dalam laporannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran peserta dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan pula kegiatan ini dilatarbelakangi dengan urgensi persiapan implementasi OSCE (Objective Structured Clinical Examination) D3 Keperawatan untuk harapannya terdapat Standarisasi baik Pemahamaan, Pengelolaan dan Keseragaman/ Standar Penamaan alat Laboratorium. (Manajemen laboratorium laboratorium keperawatan).

Ketua AIPVIKI, Ibu Yupi Supartini S.Kp.,M.Sc., Dalam Sambutannya juga menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan kegiatan AIPVIKI yang Pertamakalinya yang dilaksanakan Secara Luring Sejak Pandemi Covid-19. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan untuk Standarisasi Proses Pembelajaran yang diawali dari Standarisasi Manajemen Laboratorium untuk persiapan dalam menghadapi implementasi OSCE Nasional (Objective Structured Clinical Examination) dalam menilai kemampuan skill/praktikum mahasiswa vokasi. 

Acara berlangsung khidmat dan lancar, semua peserta juga mendapatkan akun aplikasi laboratorium yang dapat digunakan pengelola laboratorium di institusinya, aplikasi tersebut berbasis web base dengan nama SIMLAKEP, dimana pengelola laboratorium di tiap institusi dapat login menggunakan username dan password masing-masing, akan tetapi pihak pengembang menyatakan bahwa aplikasi ini masih versi beta 1.0 sehingga masih perlu pengembangan dan uji coba, dan inilah fungsi dari workshop kali ini adalah untuk mengenalkan sekaligus mencoba dan melengkapi fitru yang ada dalam aplikasi sehingga aplikasi ini dapat berjalan dengan sempurna dan stabil saat di grand launcing pada kegiatan RAKERNAS AIPVIKI di Bali Oktober Mendatang.

seluruh peserta dari 114 institusi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. memberikan masukan dan memvalidasi peralatan dan tindakan praktikum yang tersaji dalam aplikasi agar tidak ada alat maupun SOP yang tidak sesuai.

Selanjutnya peserta juga diharapkan terus memberikan masukan dan kontribusinya, dalam pengembangan aplikasi saat sudah mengaplikasikan aplikasi SIMLAKEP ini di tingkat institusi masinmg-masing. (An&)



Whats-App-Image-2022-09-23-at-18-30-19

Kategori Seminar dan pelatihan


Mucis

Kontak

(0265) 773052
(0265) 773052
stikemucis.ac.id
info@stikesmucis.ac.id

Alamat

Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis 46211


Lihat di Google Maps

Program Studi

  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Farmasi
  • D3 Analis Kesehatan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners