Sumpah Profesi STIKes Muhammadiyah Ciamis Tahun 2018

oleh Administrator


Diposting pada Jumat, 21 September 2018


Ciamis, Radar Tasikmalaya - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis (Mucis) melaksanakan sumpah profesi yang diikuti 365 mahasiswa-mahasiswi program Studi S1 Keperawatan + Profesi Ners, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan, DIII Farmasi dan DIII Analis Kesehatan Tahun Akademik 2017/2018 di Gedung STIKes Mucis, Kamis (20/9) sekitar pukul 10.00.

Sumpah profesi tersebut dihadiri perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Hj Mien Ratminah AM Keb SKM, DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Netty Juniarti SKp PhD, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kohar Kushendar SSi Apt dan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Yohana Dewi Ratih STr.

Ketua STIKes Mucis H Dedi Supriadi SSos SKep Ners MMKes menyatakan sumpah profesi ini benar-benar harus dipegang teguh karena sudah diucapkan di bawah sumpah. “Harus benar-benar dipertanggungjawabkan profesinya di masyarakat,” tutur dia kepada Radar, kemarin.

Selain mengasah kemampuan mahasiswa, terang dia, institusi juga harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Misalnya dengan mengadakan berbagai pelatihan profesi. Setiap tenaga kesehatan juga harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). “Syaratnya untuk mendapatkan STR adalah harus uji kompetensi,” jelas dia.

STIKes Mucis sendiri, kata dia, melaksanakan uji kompetensi tiga kali dalam setahun. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mahasiswa yang ingin mengikuti uji kompetensi. “Kita dengan semaksimal mungkin mengadakan alat komputer karena persyaratannya itu oleh pusat dan kita dinyatakan legal se-Priangan Timur,” papar dia.


Kategori Kampus


Mucis

Kontak

(0265) 773052
(0265) 773052
stikemucis.ac.id
mucis06@yahoo.com

Alamat

Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis 46211


Lihat di Google Maps

Program Studi

  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Farmasi
  • D3 Analis Kesehatan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners