Wina, Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis Juara Duta Baca Kabupaten Ciamis

oleh D3 Keperawatan


Diposting pada Kamis, 24 Febuari 2022


wina

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bersama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menghelat pemilihan Duta Baca Ciamis Tahun 2022. Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis pada tanggal 24 Februari 2022 dengan tema “Terampil Berliterasi, Berani Beraksi Mewujudkan Ciamis Literat”.

Pemilihan Duta Baca ini bukan tanpa maksud dan tujuan yang jelas, tapi sesuai dengan sambutan dari Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si., selaku kepala dinas.

“Maksud dan tujuan dilaksanakan Duta Baca yaitu untuk mendekatkan perpustakaan dengan seluruh elemen masyarakat, terutama kaum muda,” ujar Dondon.

Selain dari tujuan tersebut Duta Baca juga merupakan Brand Ambasador dari Perpustakaan untuk membagikan semangat literasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Terdapat 14 finalis yang berhasil sampai di babak grand final. 13 hadir secara langsung dan satu orang melalui Google Meet karena sedang dalam kondisi sakit. Para finalis telah melewati proses yang panjang. Dimulai dengan pendaftaran dari 30 Desember 2021 – 20 Februari 2022 setelah seleksi berkas dilanjutkan dengan babak final.

Dari 14 finalis secara objektif juri dapat mengeluarkan 3 nama sebagai juara pemilihan Duta Baca Ciamis 2022, juara 1 dan 2 nantinya akan mewakili Ciamis menuju Jabar. Terdapat empat juri yaitu  Dase Fadlil Yusdy Mubarak, S.H. yang merupakan perwakilan Nadia Pamugi Afini, S.E. dari Duta Perpustakaan 2019, dari dinas, Winisudarwanti S, Sos., MA. seorang pustakawan,  serta Wildan Fauzan, S.H. dari Paguyuban Duta Baca Ciamis.

Adapun nama-nama yang berhasil menang sebagai juara di antaranya, Juara 1 atas nama Nandi dari Kecamatan Kawali dengan jumlah nilai 1439. Juara 2 atas nama Wina Widianti dengan jumlah nilai 1391 dari Kecamatan Cijeungjing. Juara 3 oleh Galuh Angling Bagaskara dengan nilai 1372 dari Kecamatan Cijeungjing.

Krtiteria penilaian dilihat dari beberapa aspek di antaranya, public speaking, pemahaman materi, dan personal branding. Dalam sesi presentasi finalis juri memberikan pertanyaan langsung.

“Kriterianya public speaking, penguasaan materi, jadi mereka sudah memahami betul literasi itu apa,” ujar Winisudarwanti, S.Sos., MA., selaku juti juri.

Selain itu, para finalis yang terpilih menjadi Duta Baca Ciamis Tahun 2022 ini memiliki keunggulan masing-masing. Hal itu membuat juri bingung untuk memutuskan siapa pemenangnya.

“Juara 1, Nandi, dia memiliki jam terbang yang banyak. Día ikut komunitas, dan literasinya sudah diterapkan,” Ujar Wini.

“Juara 2 pun sama, Neng Wina, untuk mengkomunikasikan tulisannya día sudah punya media, dia juga dari kesehatan selaras dengan keadaan sekarang, untuk Galuh, día pemahaman literasinya sudah sangat bagus, dengan sebuah buku día dapat menciptakan pengetahuan baru,” lanjutnya.

Wina Widianti berasal Dusun Karangpucung, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing. Masih menjadi mahasiswa Prodi D3 Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kabupaten Ciamis.

Dia terpilih menjadi juara 2 lantaran memiliki pemahaman literasi yang sudah cukup baik. Literasi yang sering dilaksanakan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan sudah cukup banyak.

Begitu juga kemampuan menulisnya cukup baik, beberapa artikelnya pun sudah diunggah di jurnal internasional. Ia juga memiliki inovasi di bidang literasi.

“Harapannya ilmu yang mereka pelajari itu bisa mereka terapkan, sebagai Duta Baca itu kesempatan, untuk mengkampanyekan literasi di bidang masing-masing,” pungkas Wini.

Sumber: djavatoday.com


Kategori Perlombaan


Mucis

Kontak

(0265) 773052
(0265) 773052
stikemucis.ac.id
mucis06@yahoo.com

Alamat

Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 20 Ciamis 46211


Lihat di Google Maps

Program Studi

  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D3 Farmasi
  • D3 Analis Kesehatan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners